Senin, 17 Agustus 2009

New Perspective

”I wanna live a life from a new perspective...”
(Panic At The Disco – New Perspective)
_________________________________________________________

Halah.

Belakangan ini judul post gw lagu mulu. Tsaaah. Tapi emang sih, judul lagu ternyata menginspirasi gw buat nulis post.

Ok, back to the title.

New Perspective, artinya suatu pandangan baru. Jadi intinya suatu pendapat yang beda dan biasanya nyeleneh dari pandangan umum selama ini. Hmmm… gimana yak, ngejelasinnya susah. Yang masih lieur buka kamus aja deuh. Maap ga bisa jelasin yang lebih jelas, maklum kecerdasaan verbal dan linguistik saya dibawah rata-rata.

Cukup intermezzo-nya.

Seperti yang sudah saya dan Allah serta beberapa orang ketahui, gw adalah orang yang suka menghayal, memandang sesuatu dengan cara berbeda, gak suka dipaksa, kritis tapi segan mengeluarkan pendapat, pemberontak tapi ragu untuk memberontak, dan lain-lain sipat gw yang gak bisa terdeskrpisikan di blog ini maupun di otak gw sendiri. Nah, dari sipat yg complicated alias campur-aduk binti lieur itulah lahir sebuah pandangan baru yang sudah lama memuncak di otak gw ini. Awalnya pemikiran ini cuma gw pikirin doang (yaeyalah). Tapi lama kelamaan keadaan sekitar gw yang makin rese dan kadang membuat gw sakit kepala secara tidak sadar (lebay, yeah—but its true) akhirnya gw tumpahkan saja semuanya di blog. Abisnya gak ada tempat laen sih.

Hmmm… pusing? Bosen? Ok, gua tau lu lieur baca post gw, men. Jadi gw langsung ke intinya aja yah. Inilah new perspectives gw:

Perubahan Sistem Pendidikan di Indonesia

Jujur, gua muak sama pendidikan di Indonesia.

Well, kenapa?

Kita dipaksa belajar banyak banget pelajaran. Padahal belum tentu pelajaran itu kita suka dan akan kepake di masa depan kita. Materi yang terlalu padet, terus dikejer ama guru ampe beres—tapi yang ada siswa malah setres. Rapot dianggap adalah segalanya. Walhasil terbentuklah beberapa siswa yang nilai oriented (ngejer nilai terus). Akibat itu, ada siswa yg menginterpretasikannya menjadi terlalu rajin mengerjakan tugas atau ada yg jadi kecanduan nyontek. Well, mungkin yg nyontek emang sisi jeleknya. Tapi menurut gw yang terlalu rajin mengerjakan tugas juga jelek loh. Karena di sisi ini kegiatan mereka jadi ngerjain pe-er mulu. Mereka jadi berpikir pendek, bahwa dengan belajar rajin dapet nilai bagus niscaya masa depan akan cerah dan negara akan maju. Tapi gak selalu kayak gitu, men. GAK SELALU. Karena dengan begitu mereka akan lupa untuk belajar kreatif. Yap, kreatif mengembangkan bakat mereka. Padahal...

“Kreatifitas adalah inti dari kemajuan suatu negara.“
(Rad*n Rub*ni Fi*ly 2009)

*muntah*

Yap, it’s pure 100% my quote. Eh tapi gak tau deh udah ada yang bikin duluan apa kagak. Wakakakaka—ups. Menurut gw, tanpa kreatifitas, Negara gak akan maju. Gak akan punya sesuatu yang beda dari negara lain (disamping budaya). Negara tanpa kreatifitas cuma bakal jadi konsumen aja. Gak inovatif. Yang ada malah jadi pijajaheun (sasaran empuk bwt dijajah).

So, apa yang harus dilakukan oleh pemerintah?

Merombak system pendidikan. Sistem pendidikan di SD ampe SMA jadi kayak kuliah, alias ‘pick and do what u like’. Si anak bisa memilih mata pelajaran yg mereka suka. Sedangkan buat pkn, sejarah, basa indo, dll itu kalo mau jadi pelajaran wajib ya boleh aja, tapi cuma sebulan sekali. Selebihnya, kalo emang minat dan suka, ya silahken aja diambil lebih. Terus, sistemnya kelas berjalan. Fasilitas juga harus lebih menunjang (jangan dikorup mulu subsidinya dong). Belajar MIPA lebih ke praktek. Siswa diajarin lebih turun ke lapangan daripada harus mendem dicekokin teori di kelas. Terus kegiatan kayak eskul gitu lebih ditingkatin. Biaya ekskul ada subsidi khusus dari pemerintah. Jadi misalnya yg emang udah hobi ngoprek komputer (kayak gw) udah ada klub khususnya tuh. Jadi gw bisa ngembangin kreatifitas lebih dan gak kebentrok ama tugas-tugas gak penting yang sebenernya gw gak suka.

Dengan begini, sekolah jadi tanpa paksaan. Bakat dan minat lebih terarah dan kreatifitas anak makin berkembang. Negara pun insyaallah jadi lebih maju karena generasinya bebas berkreatifitas dan menjadi lebih inovatif. Kalo kayak gini insyaallah akan banyak penemuan-penemuan baru yang potensial untuk didagangkan. Kalo udah gini, ekspor juga makin ningkat, semua orang jadi bangga pakai produk dalam negeri. Pemasukan negara jadi banyak dan ekonomi pun akan menguat. Lunasin deh utang negara tuh. Trus kalo utang udah lunas...

...dan blablablabla masih banyak lanjutannya.

Aaaaah…

Kalo aja bisa kayak gini. Pasti gw gak males sekolah lagi deh.


Btw dari tadi ngomongin negara Indonesia mulu, ada yang kelupaan nih:

Selamat hari kemerdekaan Indonesia. Argumen ini gw hadiahkan untukmu. Oke, ini cuma argumen doang sih. Tapi daripada gak ngasih apa-apa, ya gak?

Tsaaaah, ujung-ujungnya gw malah ngasih kado. Sebenernya masih banyak sih perspectives gw, tapi dah ah mau bobo. Isukan sakola malai euy.

-to be continued-

1 komentar:

Alfian Rinaldi mengatakan...

gw setuju di beberapa poin yang lw tulis, emang sih kayak gitu sistem pendidikannya,
tapi kalo sejarah dll cuma sebulan sekali dan pelajaran yang lain kita milih sendiri, apa bisa suka terhadap yang ga dipilih?
bukannya kita tahu kita suka itu karena kita awalnya dipaksa?
ya ga?

menurut gue sih ya li, yang salah tuh porsinya,atau lebih tepat lagi pemberian porsi tugas

dan kurangnya kepedulian terhadap kreativitas murid,
jadi murid itu bosan dan merasa tertekan dengan sistem yang ada

no offense ya!